Perkembangan Virus Berikutnya

Perkembangan virus pada tahun 1987

Pada tahun 1987 virus file mulai bermunculan. Kebanyakan virus tersebut menyerang file dengan ekstensi *.COM, khususnya Command.com. serangan pertama terhadap file Command.com dilakukan oleh virus Lehigh. Pada masa itu pembuatan virus juga menyerang file *.EXE, seperti virus Suriv-02. dengan penyebaran yang cepat virus worm menyerang komputer mainframe milik IBM sepanjang tahun itu dan dikenal dengan nama “the IBM Christmas Worm”.

Lahirnya virus Macintosh pada tahun 1988

MacMag merupakan virus pada Macintosh yang pertama kali. Pada tahun itu juga Worm Internet menyebabkan krisis pada Internet dan mematikan banyak komputer.

AIDS menyebar dengan capat pada tahun 1989

Pada tahun ini terkenal virus Trojan dengan nama “AIDS Trojan” yang menahan simpanan data. Virus tersebut menyebar sebagai program infomasi AIDS.

Lahirnya Virus Exchange pada tahun 1990

Virus Exchange pertama (VX) BBS berawal dari Bulgaria. Pembuat virus tersebut dapat menukar kode dan mengubah tujuannya. Masih dalam tahun1990, buku tentang penulisan virus yang ditulis oleh Mark Ludwig diterbitkan.

Lahirnya Virus Polymorphic pada tahun 1991

Tequila adalah virus polymorphic yang pertama. Virus ini berasal dari Switzerland. Ia dapat mengubah diri sebagai usaha untuk menghindari pendeteksian Antivirus.

Berkembangnya Toolkit pembuat Virus pada tahun 1992

Pada tahun 1992 “the Dark Avenger Mutation Engine (DAME)” menjadi tollkit pertama yang dapat digunakan untuk mengubah virus menjadi virus polymorphic. Pada tahun ini “Virus Creation Laboratory (VCL)” menjadi perangkat pembuat virus yang pertama. Media lainnya yang terkenal adalah Michelangelo.

Banyaknya Virus baru bermunculan pada tahun 1995

Tidak ada sesuatu yang khusus dalam masaalh virus sepanjang tahun 1995, walaupun berbagai virus baru terus bermunculan, seperti “NightFall”, “Nostardamus”, “Nutcracker”, “Bisexual”, dan “DieHard2”. Akan tetapi, pada tahun ini penyebaran virus menjadi lebih cepat. Virus Macro pertama kali mulai dikembangkan untuk menyerang Microsoft Word tersebut benama Concept.

Virus Linux muncul pada tahun 1996

Pada tahun ini terjadi epidemi virus bagi Windows 3x. pada tahun ini juga muncul Boza, virus yang dirancang khusus untuk menyerang file-file Windows 95. laroux adalah Virus Macro bagi Microsoft Word dan Staog adalah Virus Linux yang pertama. Virus Boza dan Staog dibuat oleh kelompok yang sama.

Lahirnya Virus Java pada tahun 1998

Strane Brew adalah virus Java pertama dan Back Orifice adalah Trojan pertama yang dirancang sebagai tool kendali jarak jauh (remote administration) yang mengizinkan seseorang mengambil alih komputer orang lain via internet. Virus Macro Microsoft Access mulai muncul juga pada tahun ini.

Virus Microsoft Office muncul pada tahun 1999

Melissa adalah kombinasi virus yang pertama antara virus Macro MS.Word dan Worm untuk menggunakan buku alamat Outlook dan Oulook Express yang dapat mengirimkan dirinya kepada yang lain melalui email. Virus ini muncul pada bulan Maret. Corner adalah virus pertama yang menyerang file-file MS.Project. Tristate adalah adalah multi-program pertama macro yang menyerang file MS.Word, Excel, dan PowerPoint. Bubbleboy adalah worm pertama yang akan aktif ketika seorang pengguna membuka pesan email dari Microsoft Outlook.

Virus Surat Cinta melanda pada tahun 2000

Pada bulan Mei, worm Love Letter (Surat Cinta) menjadi worm yang menyebar paling cepat pada saat itu. Virus ini mematikan semua sistem email di seluruh dunia. Agustus 2000 muncul Trojan pertama yang dikembangkan untuk Plam PDA yang disebut Liberty. Streams menjadi bukti pertama dari rencana konsep virus NTFS Alternate Data Streams yang terjadi pada awal September.

File PDF diserang pada tahun 2001

Worm Gnuman muncul pada akhir Februari. Worm ini menutupi dirinya dari sistem file Sharing Gnutela. Pada bulan Maret diluncurkan sebuah bukti rancangan virus untuk menyerang dua sistem operasi sekaligus, yaitu Windows dan Linux. Pada awal Agusutus worm PeachyPDF-A menjadi worm pertama yang menyebar menggunakan software Adobe pada file *.PDF. ini hanya terjadi pada full version bukan pada viewer PDF yang free. Pada tahun yang sama, lahir berbagai virus lainnya, seperti worm Nimda, Sircam, CodeRed, dan BadTrans.

Virus terus berkembang pada tahun 2002

Awal Januari 2002 virus LFM-926 muncul sebagai virus pertama yang menyerang file Shockwave Flash (*.SWF). dalam tahun yang sama, lahir berbagai worm lain, seperti Sharp-A worm yang dibuat oleh seorang wanita, Donut, SQLSpider, Benjamin, dan Perrun.

Perkembangan virus di Masa Depan

Apa yang akan terjadi nanti? Berapa lama virus akan melanda dunia komputer? Pertanyaan inilah yang sering muncul. Beberapa aspek utama yang perlu diperhatikan berkaitan dengan perkembangan virus di masa mendatang:

  • Virus Polymorphic
  • Virus Macro baru yang meningkatkan kemampuan serangannya
  • Virus Jaringan yang menggunakan protokol jaringan untuk menyebar

Juga masih ada beberapa virus yang terus bermunculan dan menyerang file lainnya yang perlu diperhatikan.

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.