C compiler

“Fifty years of programming language research, and we end up with C++?”

Richard A. O’Keefe

Bahasa C++ emang ribet!! Pusing sendiri gw ngebaca bukunya… Tapi gpp deh, semua yang gw tau gw tuangin disini.. Dengan begitu gw rasa gw bisa makin gampang ngingetnya ahahaha :)

Cara Meng-Compile
pertama2 elo masuk ke Dev-CPP, abis itu pencet file >> new >> source file. abis itu lo tulis code dibawah, setelah selesai elo pijit execute >> compile.. tunggu sebentar, abis itu kalo udah pencet execute >> run… dan selamat! program hello world pertama lo telah berjalan!

#include // membuat program untuk menampilkan data output ke layar monitor
int main()
// fungsi awal memulai eksekusi program
{
std::cout<< “Selamat Pagi DUNIA!!\n”; //tampilin pesen
system(”pause”); // command dos pause
return 0; // menampilkan bahwa program telah sukses dieksekusi
}

Gyahhaahah selamat DUDE! Lo tinggal meng-compile source code tersebut agar menjadi sebuah program “Hello World” sederhana…

sederhana banget yah?? tapi itu adalah basic awal yang lo (gw jg) mesti ngerti bener.

***Berikut adalah penjelasan source diatas :D

setiap baris yang diberi tanda dua garis miring (//), adalah komen (comment). Programmer memasukkan comment dalam program untuk membantu orang lain dalam memahami program tersebut. Kata2 yang ada didalam comment bakalan di abaikan oleh compiler. Comment yang dimulai dengan (//) disebut dengan komen-satu-baris (single-line comment) karena comment itu berakhir di akhir baris. Sedangkan comment dengan menggunakan lebih dari satu line menggunakan tanda /* dan berakhir dengan */.

#include

Disebut Preprocessor directive, yang merupakan sebuah pesan ke prosesor C++. Baris yang dimulai dengan # diproses dolo sama prepocessor sebelum di compile. Line ini ngasih tau preprocessor untuk mengikut sertakan ke dalam program input/output stream header file (keluar-masuk) atau . File ini harus di ikut sertakan dalam setiap program agar bisa melakukan input/output..

int main()
Ini adalah bagian di setiap program C++. Baris setelah main nunjukin itu adalah baris dari program yang disebut fungsi (function). program C++ biasanya terdiri dari satu atau lebih fungsi dan kelas (classes, nanti bakalan kita pelajari lebih lanjut, gw juga blom blajar :p). Satu fungsi dalam setiap program harus merupakan main. Yang hanya mengandung satu fungsi. C++ program mulai meng-eksekusi dari fungsi main, bahkan jika main bukan fungsi pertama dalam program. Sedangkan kata int di samping kiri main menunjukkan kalo main “kembali” ke nilai integer (angka). sebuah kata dalam kode adalah disediakan oleh C++ untuk penggunaan yang spesifik. nanti gw bakal jelasin artinya dari sebuah fungsi ke “kembali ke sebuah nilai” tapi itu entar :D… dan mungkin nanti kita bakalan mendalami hal ini lebih lanjut. untuk sekarang, kita ikut sertakan aja kata int disebelah kiri dari main disetiap program kita.

Tanda kurung kiri ({), harus dimulai di badan (body) dari setiap fungsi. Sedangkan kurung kiri (}), harus ada disetiap akhir badan fungsi.

std::cout<< “Selamat Pagi DUNIA!!\n”;
Ini menyuruh komputer untuk melakukan sebuah aksi yang disebutkan, untuk nge-print string dari karakter huruf yang terdapat diantara dua tanda kutip. Sebuah string kadang2 disebut karakter string (character string), pesan (message) ato sebuah string literal. Tapi sebenernya string sendiri itu apa sih?? string itu adalah seperti yang tadi udah disebut, adalah kata2 di tengah2 tanda kutip. Sedangkan karakter spasi dalam string akan diabaikan oleh compiler.

seluruh baris ini, termasuk std::cout, dan operator (<<), juga string “Selamat Pagi DUNIA!!\n” dan semicolon (;) (gw ga tau bahasa indonya semicolon :D), disebut juga pernyataan (statement). Dalam setiap statement program C++ harus diakhiri dengan semicolon (juga biasa disebut dengan Statement Terminator). Preprocessor Directive (kayak #include) ga diakhiri dengan semocolon. Output dan Input dalam C++ sukses dengan karakter stream. dan ketika di eksekusi akan mengirimkan karakter Selamat Pagi DUNIA!!(\n) ke Standard Output Stream Object (std::cout) yang secara normal tersambung ke monitor. kita akan mendiskusikan std::cout nanti (bahasannya beda lagi, dan gw jg blom blajar :D) yaitu Stream Input/Output.

Sadar ga kalo gw naro std::cout sebelom cout? Ini dibutuhkan ketika kita gunain nama (name) yang kita bawa ke program oleh preprocessor directive #include . Notasi std::cout menunjukan kita menggunakan sebuah nama, dalam hal ini adalah cout yang termasuk “namespace” std. nama cin (standard input stream) dan cerr (standard error stream) juga termasuk namespace std (akan kita bahas nanti). namespaces adalah fiture advanced dalam C++ (otak gw lom nyampe bwkaakakak :)) ). untuk sekarang seh, kita harus ingat untuk memasukkan std:: sebelum cout, cin, dan cerr dalam sebuah program.

Disini bagian yang agak sulit (susah ngerangkai kata2nya :D)tanda operator (<<) disebut Stream Insertion Operator. Ketika program di eksekusi, nilai (value) yang disebelah kiri operator, dan yang kanan (operand), dimasukkan kedalam output stream. Perhatiin arah operator dimana data pergi. Karakter di sebelah kanan operand di tunjukkan persis seperti apa yang ditampilkan di dalam tanda kutip. Tapi karakter \n gak di tampilin di layar monitor. garis miring (\) (blackslash) disebut juga escape character, yang artinya garis baru (newline). hal ini menyebabkan cursor (current screen-possition indicator) untuk bergerak ke awal baris selanjutsnya di atas monitor (kalo mo lebih gampang, sebut aja garis baru, emang bahasa komputer suka bertele2 =)) ). beberapa rangkaian escape character bisa dilihat dibawah.. :)

\n = garis baru, memposisikan kursor ke awal baris. (kayak lo pencet enter aje.)

\t = Horizontal tab.. fungsinya sama kayak elo pencet tab

\r = Carriage Return. bikin layar kursok kembali ke awal (ke apus semua, kecuali diluar escape sequence ini)

\a = Alert. bikin bunyi alarm (cocok buat iseng :)) )

\\ = Blackslash. untuk menghasilkan blackslash (\)

\’ = Single Quote. untuk menghasilkan tanda kutip ()

\” = Double Quote. Untuk menghasilkan tanda kutip dua ()

system(”pause”);
Ini gak laen adalah untuk ngasih perintah pause (berhenti) dalam dos, nanti gw bikinin deh tutornya soal batch file. Untuk sementara gini dolo yeee :D. Ato kalo mau mengerti lebih lanjut, lo coba aja ilangin baris ini, nanti hasilnya akan membuat lo lebih ngerti.

Phew.. capek juga.. sekarang kita sampe ke baris terakhir program kita…
return 0;
Ini digunakan untuk keluar dari sebuah fungsi (exit a function). Ketika statement return digunakan di akhir main, seperti yang ditunjukkan diatas, value 0 menunjukkan kalo program telah berhasil di matikan. Mungkin nanti kita akan mendiskusikan fungsi lebih detail. Untuk sekarang, taro aja statement ini disetiap program (di akhir fungsi), ato compiler akan menghasilkan sejumlah peringatan ke system sebagai. sedangkan kurung kurawal sebelah kanan (}) menunjukkan akhir dari fungsi main…..

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.