Intel dan AMD Bersaing Kembangkan “Chip Quad Core”

Dalam dunia teknologi saat ini dikenal dua prosesor ternama yakni AMD dan Intel. Berikut beberapa tips yang harus Anda ketahui sebelum Anda sewa komputer, sewa notebook, sewa projector / proyektor, tv plasma, printer, dll.

Dua pengembang chip komputer berlomba menciptakan quad core, dalam satu chip prosesor mikro terdapat empat sekaligus mesin perekayasa komputer. Sehebat apakah itu?
Persaingan Intel dengan sesama produsen chip komputer, Advance Micro devices (AMD), membuat keduanya saling berlomba melakukan terobosan anyar. Bagaimana membuat komputer bekerja lebih cepat, lebih akurat, menangani banyak tugas sekaligus, itulah yang menjadi “pekerjaan rumah” Intel maupun AMD.
Kali ini, Intel melepaskan produk empat prosesor sekaligus untuk server-server di bawah merek dagang Xeon 5300. Seri lain yang juga ditelurkan Intel adalah Core 2 Extreme yang ditujukan bagi pehobi games komputer, programer dan mereka yang pekerjaannya tergantung dengan komputer(sewa komputer, sewa notebook, sewa projector / proyektor, tv plasma, printer, dll).
Chip Core 2 Extreme memiliki kinerja 80 persen lebih cepat dibandingkan model terdulu, demikian juru bicara perusahaan yang bermarkas di Santa Clara, AS, itu seperti yang dilansir AP baru-baru ini. Sementara itu, chip Xeon 5300 memiliki kekuatan nyaris sama dengan generasi sebelumnya, hanya mampu meningkatkan perfoma komputer empat kali lipat dari model single core.
Intel berencana merilis setidaknya tiga lagi prosesor quad core pada kuartal pertama 2007 mendatang, termasuk di dalamnya model umum bagi pengguna yang meminati hiburan dan multimedia di bawah merk dagang Core 2 Quad. Tidak lupa juga prosesor Xeon yang dirancang khusus bagi pemakaian dengan listrik bervoltase rendah serta server soket tunggal (sewa komputer, sewa notebook, sewa projector / proyektor, tv plasma, printer, dll.)

Perang
Selama ini, Intel berhasil mengunci pangsa pasar produk chip prosesor terhadap pesaing utamanya, AMD. Mereka menjanjikan akan merilis chip-chip quad core pada pertengahan 2007 mendatang, namun ternyata justru dipercepat tahun ini juga. Para analis bisnis komputer memprediksikan langkah ini sebagai usaha Intel demi “membungkam” AMD yang juga akan menelurkan chip-chip anyarnya dalam waktu dekat.
Sejauh ini, AMD menjual produknya dengan mencuri-curi pangsa pasar Intel. Mereka memasang harga lebih murah dan kinerja yang lebih cepat. Rencananya pertengahan 2007 kelak AMD meluncurkan prosesor quad core bagi produk Opteron-nya (sewa komputer, sewa notebook, sewa projector / proyektor, tv plasma, printer, dll).
Walau tak terlalu kentara, perang memperebutkan pangsa pasar ini cukup berimbas pada kondisi finansial Intel. Perusahaan tersebut mengumumkan restrukturisasi besar-besaran pada September dengan mengurangi 10 persen karyawannya demi menekan pengeluaran tiga miliar dolar AS per tahun hingga 2008.


Desain
Peluncuran chip quad core merupakan salah satu kunci demi merebut pangsa pasar dan keuntungan, padahal musim panas kemarin Intel baru saja melepaskan prosesor mikro Core 2 Duo dengan peningkatan 40 persen lebih cepat dan tepat dalam bekerja dibandingkan produk terdulu.
Pihak eksekutif AMD juga menjanjikan akan mengeluarkan chip-chip quad core yang memiliki rancangan berbeda dengan milik Intel. Selama ini, Intel merancang paket-paket chip dual core agar mampu dicolokkan ke soket prosesor tunggal.
Sementara itu, desain AMD mampu mengintegrasikan beberapa prosesor sekaligus ke colokan silikon tunggal. Desain ini diklaim dapat meningkatkan perfoma dan efisiensi energi.
Sejumlah analis menganggap peperangan Intel dan AMD tidak akan terlalu berpengaruh pada pengguna komputer. Kebanyakan peranti lunak komputer dekstop yang dipakai saat ini masih belum sesuai dengan desain chip-chip baru tersebut.
(sumber Sinar Harapan).

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.