error: C compiler cannot create executables

Mungkin bagi anda yang sedang mengcompile program di linux pernah menemui error seperti ini. Kebetulan saya adalah salah satunya:D Ketika saya mau install snmp ternyata terdapat error dengan kubuntu saya, yang salah satu errornya adalah error: C compiler cannot create executables. HHhhhmm…..coba pikir sebentar, ada apa yah dengan gcc xubuntu saya?? Dengan rasa penesaran langsung tanya ke Om Google, setelah lama bertanya akhirnya ketemu juga jawabannya:)

Ooohh..masalahnya ternyata file library gcc yang belum lengkap, tapi kok bisa yah?? Tanya saja pada yang buat paket xubuntu:)) mungkin ada pertimbangan lain, sepertinya paket ini tidak di sertakan karena kebanyakan orang mals kalu harus meginstall program dengan cara compile terlebih dahulu. Oke, langsung saja daripada panjang lebar, tinggal kita install saja file-file yang dibutuhkan, antara lain build-essential g++ g++-4.0 gcc libc6-dev libstdc++6-4.0-dev linux-kernel-headers. Langkahnya adalah :

#sudo apt-get install build-essential

setelah proses ini berhasil, anda tinggal compile program yang anda butuhkan. Biasanya langkah-langkahnya seperti ini :

#./configure
#make
#make install

Selesai deh.:)

Tip’s : apabila anda menggunakan repository lokal IIX dan ternyata gagal, dengan menemui error atau paket yang anda cari tidak ketemu ketika menjalankan perintah #apt-get install build-essential, anda dapat menggganti file repository anda di lokasi /etc/apt/sources.list dengan repository dari ubuntu international (server ubuntu langsung).

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.