Menyajikan Peta Lewat Internet


Peta Online, webmapping, web mapping, web GIS, web gis, internet mapping! Sebutan banyak orang untuk cara menyajikan peta lewat internet. Untuk yang ini saya setuju dengan salah satu tulisan di Geografiana.com yang lebih menyebutnya sebagai "webmapping".

Internet sebagai media penyajian peta ini adalah tempat yang dikunjungi beragam orang, jutaan orang, milyaran orang. Sebuah media yang memiliki potensi besar untuk diterima. Pencarian satu kata kunci atau frase saja pada mesin pencari sudah bisa menampilkan hasil dari ratusan, ribuan bahkan jutaan halaman dari berbagai sumber dan bahasa. Dengan kata "web gis" yang spesifik ke "gis" orang akan bertanya-tanya lagi apa itu GIS, bandingkan dengan kata "peta" atau "pemetaan" yang lebih umum.

Itu baru dari sudut pemilihan kata. Dari sudut artinya, GIS atau SIG dalam bahasa Indonesia berarti sistem informasi khusus yang mengelola data yang memiliki informasi spasial (bereferensi keruangan), atau dalam arti yang lebih sempit, adalah sistem komputer yang memiliki kemampuan untuk membangun, menyimpan, mengelola dan menampilkan informasi bereferensi geografis, misalnya data yang diidentifikasi menurut lokasinya, dalam sebuah database (Wikipedia-en|id). Dan "Web GIS" berarti.. ya GIS lewat web/internet. Bayangkan sebuah sistem yang rumit dan spesifik seperti GIS disajikan lewat internet yang dikunjungi oleh jutaan orang tanpa batasan kelompok, ini hanya akan mempersempit ruang gerak kita saja, kecuali jika memang kita ingin membidik niche tertentu.

Ah.. yang di paragraf atas itu hanya opini pribadi, terserah anda untuk setuju atau tidak. Saya terlalu terpengaruh tulisan di Geografiana itu, bahkan saya juga setuju bahwa peta yang asal tampil dalam satu situs internet (peta statis) tidak termasuk dalam kategori webmapping. Webmapping haruslah interaktif dan dinamis, se-dinamis web itu sendiri.

Penyajian peta lewat internet sebenarnya sudah mulai diupayakan sejak dekade lalu, tetapi memang tren sering kali dibuat oleh orang besar atau entitas yang berpengaruh. Sejak Google memperkenalkan layanan petanya dengan GoogleMaps&tm; tiba-tiba saja penyajian peta lewat internet menjadi suatu kebutuhan bagi banyak situs.

Seperti juga di Indonesia, ketika bencana alam datang silih berganti, tiba-tiba saja semua orang diingatkan ini lho bumi kita, kita perlu lebih peduli, karena kita lahir di sini, karena kita tinggal di sini, karena kita mencari makan di sini, karena kita hidup di sini. Dan untuk lebih peduli kita perlu lebih mengenalnya. Dan untuk lebih mengenalnya kita perlu dokumentasinya. Dan cara yang paling enak dan efisien untuk membaca dokumentasi bumi, ya dengan peta.

Lagi-lagi peta. Ya tentu saja, wong ini situs tentang peta kok.

Beberapa tahun lalu kita mungkin agak susah jika ingin menampilkan peta lewat internet, entah itu karena data, sambungan internet atau penyedia jasa pendukung lainnya. GoogleMaps&tm; memang agak sedikit memudahkan kita menampilkan peta lewat internet, tetapi tetap saja geografi berpengaruh, ekonomi berpengaruh. Google adalah perusahaan Amerika, walaupun berusaha untuk melayani seluruh dunia, peta-peta skala detilnya hanya peta-peta dari Amerika saja dan sedikit negara di luar itu yang petanya sudah tersedia dengan murah atau banyak pengunjungnya dari negara itu.

Bagi kita yang tinggal di Indonesia masih tetap "agak sulit" untuk menampilkan peta lewat internet. Peta-peta lewat internet hanya tampil pada situs-situs lembaga pemerintahan yang berbujet besar, perusahaan besar atau lembaga yang besar-besar lainnya.

Tapi dengan sedikit usaha, ternyata tidak susah-susah amat kok. Sekarang ini sudah ada layanan seperti yang disediakan ServMap.com yang bidangnya adalah membantu menyajikan peta lewat internet dengan menyediakan jasa hosting (penempatan situs) dengan fasilitas Mapserver. Dengan Mapserver ini, peta dalam format vektor seperti yang banyak didukung oleh piranti lunak GIS atau dalam format database akan bisa disajikan lewat internet dengan sedikit konfigurasi.

Dan kemudian kita bisa lebih banyak bercerita kepada orang lain, ini lho bumi kita, tempat belajar kita, tempat usaha kita, Indonesia kita, dengan cara kita, lewat peta!

http://www.rsgisforum.net/

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.