Artificial Intellegence

Kita mungkin sering mendengar kata-kata diatas, Artificial intellegence sering disingkat dengan AI atau dalam bahasa indonesia berarti Kecerdasan Buatan adalah salah satu bagian ilmu yang komputer yang membuat agar mesin atau komputer dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik manusia, yang intinya adalah mesin atau komputer yang menggantikan manusia (sangat mengerikan), contoh sederhananya adalah robot.

Sejara artificial intellegence ini sangat panjang, dimulai pada abad ke 17 oleh Rane Descartes yang mengemukakan pendapat bahwa tubuh hewan merupakan bagian dari mesin-mesin yang rumit.
- Tahun 1950 Alan Turning memperkenalkan percobaan turning untuk menguji suatu mesin untuk melakukan percakapan seperti manusia.
- Tahun 1951 program AI pertama kali dibuat pada mesin Ferranti I di Universitas Manchester Inggris.
- Tahun 1956 Yohanes McCarty mengikutsertakan istilah “Artificial Intellegence” pada konfrensi Dartmounth.
- Tahun 1958 Yohanes McCarty menemukan bahasa pemrogaman Lisp untuk AI.
- Tahun 1965 Joseph Weizenbaum membangaun sebuah program ELIZA, yaitu suatu program interaktif yang menangani suatu tanya jawab dalam bahasa inggris dalam banyak topik.
- Tahun 1974 Ted Shortliffe’s PhD membuat program yang dapat menyimpulkan suatu penyakit dengan hasil diagnosa yang diberikan. Pada saat itu kadang-kadang perlu memanggil tenaga ahli untuk memastikannya.
- Tahun 1997 Komputer program catur pertama (Deep Blue) dibuat oleh IBM untuk mengerjakan suatu kejuaraan catur dunia.
- Tahun 1999 Sony memperkenalkan AIBO, binatang peliharaan yang mempunyai kecerdasan tiruan.
- Sepanjang tahun 1990-an dan tahun 2000-an AI telah menjadi sangat berpengaruh baik itu digunakan dalam bidang statistik ataupun riset yang lainnya.

Referensi: Bpk. Sunjana (Dosen AI)
Wikipedia

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.