Intelegensia Buatan / Artificial Intelligence (AI) - 1

Intelegensia Buatan / Artificial Intelligence (AI) - 1

Ingat Film Die Hard 2, yang dibintangi oleh Bruce Willis? Dimana salah bagian dari film tersebut memecahkan teka teki Volume Galon yang diisi air.

Disediakan 2 galon yang Volumenya :

Galon A = 5 Liter (Selanjutnya disebut A)

Galon B = 3 Liter (Selanjutnya disebut B)





Bagaimana caranya supaya air dalam Galon menjadi Tepat 4 Liter??

Alternatif 1

  1. Penuhi B (A=0 ; B=3)
  2. Tuang B ke A; (A=3; B=0)
  3. Penuhi B (A=3 ; B =3)
  4. Tuang B ke A sampai Penuh (A=5 ; B=1)
  5. Buang A (A=0 ; B=1)
  6. Tuang B ke A (A=1 ; B=0)
  7. Penuhi B (A=1 ; B= 3)
  8. Tuang B ke A (A=4 ; B= 0)

Alternatif 2

  1. Penuhi A (A=5 ; B=0)
  2. Tuang A ke B Sampai Penuh (A=2 ; B=3)
  3. Buang Isi B (A=2 ; B=0)
  4. Tuang A ke B (A=0 ; B=2)
  5. Isi A Sampai Penuh (A=5 ; B=2)
  6. Tuang Isi A ke B (A=4 ; B=3)

Dari Solusi diatas dapat terihat bahwa alternatif 2 lebih sedikit langkahnya dibandingkan dengan alternatif 1.

Alternatif 1 benar tapi tidak Efisien.

dapat disimpulkan bahwa Alternatif 2 lebih baik. (Efektif dan Efisien)

Pertanyaannya sekarang apakah solusi diatas dapat diselesaikan dengan menggunakan Sistem Komputer ?? Jawabannya Bisa dan itu bisa dipelajari di AI.

Apakah Itu AI ?

Sistem yang berfikir seperti Manusia

The Exiting New Effort to make computers Thinks… machines with minds, in the full and literal sense.” (Haugeland, 1985)

Sistem yang berfikir rasional

“The Study of computations that make is possible to perceive, Reason, and act.”

(Winston, 1992)

Sistem yang beraksi seperti Manusia

The Study of how make computers do things at which, at the moment, people are better.”(Rich and Knight, 1991)

Sistem yang Beraksi Rasional

“AI…. Is Concerned with intelligent behaviour in artifacts.” (Nilsson, 1998)

Pendekatan – Pendekatan dalam AI

Acting Humanly : Pendekatan Test Turing

Seseorang diminta melakukan percakapan dengan system, dapatkah ia membedakan respon yang ia dapat itu dari manusia atau software. Jika Tidak, berarti Softwarenya Cerdas.

Untuk Itu, Pada Software harus ada kemampuan : natural language processing, knowledge representation, automated reasoning and machine learning.

Thinhking Humanly : Pendekatan Pemodelan Cognitive (Pemahaman)

Ada 2 cara mengetahui cara kerja otak kita : Melalui Introspeksi atau Percobaan Psikologi.

Begitu Teori cara kerja otak diketahui, maka sangat mungkin untuk menyatakan teori itu dengan program computer.

Allen Newell dan Herbert Simon membuat GPS (General Problem Solver) yang tidak menyelesaikan problem lansung, melainkan mensimulasikan tahap – tahap otak menyelesaikan masalah itu.

Thinking Rationally : Pendekatan the “Laws of thought”

-Aristoteles yang menulis tentang pola struktur argument yang selalu menghasilkan kesimpulan yang benar (disebut syllogism): Contoh :

- Socrates is a man

- All men are mortal

- Therefore, Socrates is mortal

“Laws of thought” ini mengawali cabang pengetahuan yang disebut : Logic

- Sejak 1965, dapat dibuat software yang menyelesaikan persoalan dengan notasi logika ini

- Hanya perlu diperhatikan ketika pernyataan – pernyataan yang dilibatkan tidak 100% benar

Acting Rationally : Pendekatan then rational agent

- Agent = Something that acts. Agent, Lebih dari sekedar program, dapat beroperasi dalam kendali otonomi, melihat lingkungannya, sanggup beroperasi dalam waktu lama, beradaptasi untuk melakukan perubahan, sanggup mencapai tujuan lain. Agent rational beraksi untuk mencapai keluaran terbaik, keluaran yang paling diharapkan.

- Pada Manusia ada fenomena gerak reflek, gerak cepat yang dapat dikatakan “tanpa pikir”. Ada system yang membutuhkan hal seperti itu.

- Pendekatan ini lebih lengkap daripada pendekatan pendekatan sebelumnya.

SEJARAH

Sejarah AI (1)

1956 : nama “Artificial Intelligence”

muncul (S/W the logic Theorist)

1950 – 1969 : Prinsip prinsip dasar :

General Problem Solving, Theorem Proving, Games, Formal calculus

1969 – 1971 : Membuat Robot cerdas:

Logic based planning, motion planning, inductive learn, computer vision.

Sejarah AI (2)

Akhir 60’s – Sampai Pertengahan 80’s:

- Focus pada masalah masalah yang memerlukan kepakaran

- Transaksi kepakaran kedalam rules :

If kondisi then next rules/solusi

- Rekayasa pengetahuan (Knowledge engineering)

Sejarah AI (3)

AI menjadi industri (80’s – Sekarang)

- Expert System : Digital Equipment, Teknowledge, Oil Industry ,…

- Lisp Machine : LMI, Simbolic ,…

- Consultan Programming : ILOG…

- Robotic : Adept , ABB, Sony, Honda iRobot

- Voice Processing

- Vidio games

- Image analysis, medical diagnosis

Sejarah AI (4)

- Jaringan saraf tiruan, algoritma genetika (80’s – 90’s)

- Behubungan dengan ilmu ekonomi, pemodelan probabilitas, dan teori control (90’s – sekarang)

- Kemunculan konsep agent cerdas (1995 – Sekarang)

Prediksi dan realitas

Prediksi dan realitas (1)

- Akhir musim panas tahun 60-an diprediksi “electronic eye” dapat diciptakan

- Hingga kini belum ada system computer vision yang mampu memahami gambar (scene) yang kompleks

- Namun system computer telah digunakan untuk monitoring lalu lintas, jalan, pengenalan wajah, analisi citra medik, ….

Prediksi dan Realitas (2)

- Tahun 1958, Herbert Simon Memprediksi 10 tahun lagi computer menang catur lawan manusia.

- Tahun 1998, Deep Blue menang melawan Kasparov

- Tidak hanya catur, game lain juga menang : checkers, Othello..

- Tehnik AI (Search, Planning, Pobabilistic reasoning) digunakan pada video games.

Prediksi dan Realitas (3)

- Tahun 70-an diprediksi robot akan berada dimana mana (termasuk dirumah)

- Kini Robot digunakan dibeberapa industri (Auto, elektronik), mengelilingi mars, membantu pembedahan otak dan hati.

- Secara ekonomi, home robot masih “mahal”

Karakteristik Program AI

- Mengolah data secara simbolik

- Proses pencarian / pemilihan

- Informasi tidak tepat / Tidak Jelas diformulasikan secara matematik (Numerik)

- Sematik

- Solusi Cukup, Bukan Optimal

- Penggunaan Fakta dan aturan dalam jumlah besar

- penggunaan (meta) knowledge

Cabang AI dan Prestasi

- Game playing : Deep Blue-nya IBM mengalahkan Kasparov 3,5 vs 2,5

- Speech Recognition

- Computer Vision

- Machine Learning

- jaringan syaraf tiruan

- Antonomous planning and scheduling : diangkasa luar, program Remote agent milik NASA adalah program Planning otonomi onboard untuk mengendalikan operasi pesawat angkasa luar.

- Sitem Pakar (Diagnosis) : Ada program pakar yang membantu diagnosis penyakit dalam

- Robotic : Sudah banyak dokter bedah yang menggunakan alat Bantu robot dalam operasinya.

- Logistic Planning : Dynamic Analysis Replanning Tool (DART) membantu Amerika merencanakan logistic dan penjadwalan transportasi 50000 kendaraan dalam hitungan jam (dibanding penjadwalan manusia yang berminggu minggu) pada saat perang teluk 1991.



Ardiansyah

Manager IT Smart Intermedia

Software Developer – BAC Bandung

Mahasiswa ST-
INTEN Bandung

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.