Tentang E-Learning

E-learning adalah sebuah rancangan aplikasi untuk pengelolaan dan pendistribusian materi pendidikan dan latihan melalui berbagai media elektronik, seperti Internet, LAN, WAN, broadband, wireless, dan sebagainya.

E-learning tidak hanya merupakan materi training yang di-online-kan tetapi meliputi proses distribusi informasi, komunikasi, edukasi, pelatihan, dan manajemen pengetahuan.

E-learning merupakan sistem berbasis web (internet) yang memungkinkan informasi dan pengetahuan dapat diakses oleh siapa saja yang berhak serta kapan saja dan dimana saja.

E-learning memberikan perangkat baru untuk memberikan nilai tambah pada berbagai model pendidikan tradisional di kelas, buku pelajaran, CD-ROM, serta pelatihan berbasis komputer lainnya.

E-learning tidak akan menggantikan pertemuan di kelas tetapi meningkatkan dan mengambil manfaat dari materi-materi dan teknologi pengiriman baru untuk mendukung proses belajar mengajar. Dengan e-learning, para siswa akan lebih diberdayakan karena kini proses belajar-mengajar tidak lagi berpusat pada guru tetapi beralih ke siswa. Dengan koneksi ke Internet, seorang siswa punya akses ke berbagai sumber informasi yang tak terbatas. Selain itu, e-learning bersifat individual sehingga siswa yang aktif dan cepat menyerap materi pelatihan akan bisa maju dengan lebih cepat.

MANFAAT:

  • Memberikan fasilitas pelatihan yang :

o Memungkinkan untuk mengatur jadwal sendiri, bahkandiluar jam kerja

o Mengatasi kendala waktu dan jarak (perjalanan)

  • Memberikan kontrol yang lebih leluasa.
  • Memungkinkan untuk mengikuti pelatihan sesuai dengan kecepatan (kemampuan) masing-masing individu sehingga bagi yang mampu menyerap materi pelatihan dengan cepat akan bisa maju dengan lebih cepat
  • Memungkinkan untuk memilih berbagai materi dan metoda pelatihan

* Menghemat biaya

· Menghemat biaya dan waktu perjalanan sehingga penggunaan waktu dan biaya akan lebi efektif.

* Lebih efektif

· Memberikan kualitas pelatihan yang sama kepada semua orang dan tidak bergantung kepada kualitas pengajar

· Memungkinkan untuk memberikan pelatihan yang bersifat individu melalui kurikulum yang bersifat personal juga.

· Memungkinkan untuk memperbarui materi pelatihan dengan cepat untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan terbaru Mudah untuk memonitor perkembangan pelatihan setiap orang

Dalam kaitannya dengan proses bisnis, sebenarnya e-learning membekali karyawan dengan pengetahuan dan informasi yang diperlukan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan, meningkatkan penjualan dan pendapatan perusahaan, mempercepat adopsi teknologi. Namun e-learning tidak cocok untuk materi pelatihan yang menuntut kehadiran seorang guru/mentor yang umumnya terkait dengan sikap atau perilaku, seperti pengembangan kepribadian, pembangunan motivasi, dll.

Materi e-learning

Materi didalam modul-modul e-learning bersifat dinamis dan bervariasi, termasuk materi pelatihan yang berbasis web, dokumentasi online, presentasi para eksekutif, video, audio, simulasi dan animasi produk.

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.